Pantai Kartini Jepara, Info Rute Menuju Lokasi

Pantai Kartini Jepara merupakan destinasi wisata bahari paling terkenal di kota Jepara. Dengan harga tiket masuk murah dan fasilitas wahana yang ada, Pantai Kartini sama populernya dengan Pantai Bandengan Jepara tentu saja. Sejak dibangun tahun 1923, pantai Kartini memang mempunyai sejarah panjang.

Gambar suasana di Pantai Kartini Jepara

Pantai yang dikelola oleh Pemerintah Daerah ini dikenal sebagai tempat penyelenggaraan tradisi Lomban. Yakni, acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari tiap tanggal 8 Syawwal. Tepatnya, seminggu setelah Hari Raya Lebaran.

Selain mengunjungi tempat wisata, di Jepara Anda juga dapat belanja souvenir kerajinan khas Jepara. Ada sentra batik Jepara, sentra patung Mulyoharjo, sentra ukir relief, Sentra Tenun Troso, dan masih banyak lagi.

Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Berikut update informasi harga tiket masuk atau HTM terbaru Pantai Kartini Jepara tahun 2024 :

  • Hari Biasa, Akhir Pekan, dan Libur Nasional:
    • Dewasa Rp 10 ribu per orang
    • Anak Rp 5 ribu per anak
  • Pekan Syawalan, Lomban, Natal, Tahun Baru, dan Event Lain:
    • Dewasa Rp 15 ribu per orang
    • Anak Rp 10 ribu per anak

Tarif di atas berlaku mulai 5 Januari 2024 sampai ada peraturan baru yang ter

Wahana Pantai Kartini Jepara

Fasilitas di Pantai Kartini Jepara antara lain Kura-kura Ocean Park, taman bermain anak, penginapan, mushola dan warung-warung makan serta souvenir. Kura-kura Park merupakan wahana edukasi dengan bangunan unik berbentuk kura-kura raksasa. Di dalamnya terdapat berbagai jenis fauna laut menyerupai wahana Sea World.

Di Pantai Kartini Jepara terdapat dermaga Kapal menuju Kepulauan Karimun Jawa dan perahu menuju Pulau Panjang. Pulau kecil indah, tak jauh dari Pantai Kartini Jepara. Selain itu, tempat yang bisa menjadi destinasi wisata di sekitarnya adalah Sentra Ukir Jepara, Sentra Tenun Troso, dan Sentra Anyaman Bambu.

Asal usul patung kura-kura di Pantai Kartini adalah realisasi dari upaya pemerintah daerah Jepara untuk meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, patung kura-kura dimaksudkan sebagai wahana edukasi untuk menyampaikan pesan kepedulian terhadap kelestarian flora dan fauna di Jepara. Khususnya, di wilayah Karimunjawa. Kura-kura dijadikan simbol karena di Karimunjawa Jepara terdapat pusat budidaya kura-kura yang terkenal. Jadi, patung kura-kura tidak ada kaitannya dengan mitos atau adat lokal ya.

Rute Menuju Lokasi Terjangkau Angkutan Umum

Pantai Kartini Jepara dapat diakses dengan transportasi umum. Tersedia bus umum langsung menuju Jepara dari Terminal Terboyo Semarang, Terminal Kudus, Terminal Surabaya, Terminal Pulogadung Jakarta dan Terminal Ubung Denpasar.

Anda juga dapat memilih perjalanan udara dengan pesawat terbang ke Bandara Ahmad Yani Semarang atau dengan kereta api turun  Stasiun Tawang atau Poncol Semarang. Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan minta dijemput travel, mobil sewa atau taxi. Travel yang melayani rute Semarang – Jepara diantaranya Bejeu dan Central Java.

Bisa juga,  Anda naik bis kota menuju Terminal Terboyo Semarang lanjut bis umum Jepara - Semarang. Berikutnya, turun di Terminal Jepara kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik becak atau ojek menuju ke Pantai Kartini Jepara. Estimasi perjalanan Semarang – Jepara menggunakan mobil sekitar 2 jam.

Hotel dan Homestay Terdekat

Pantai Kartini Jepara merupakan salahsatu lokasi sempurna untuk melihat matahari terbenam. Tak heran, setiap tahun  lokasi ini dijadikan salahsatu spot tempat memantau hilal untuk dasar menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri. Tersedia fasilitas gate memutar ke laut untuk menikmati sunset.

Anda yang datang dari luar kota dan ingin menikmati sunset serta suasana malam di Pantai Kartini Jepara, tidak perlu khawatir dengan penginapan. Banyak pilihan penginapan di kompleks wisata Pantai Kartini Jepara maupun hotel di tengah kota Jepara.

______________________

Info Travel

TRAVEL BEJEU

Bejeu rute Jepara – Semarang melayani booking seat via telepon. Melayani penjemputan dan pengantaran penumpang di kota Semarang dan kota Jepara dengan biaya tambahan tambahan yang mungkin dikenakan. Keuntungannya, Anda tidak repot karena dapat minta diantar sampai hotel atau lokasi wisata pilihan Anda. Minusnya, waktu perjalanan mungkin agak molor karena Bejeu mengantar penumpang ke lokasi masing-masing.

Jepara : Jl. Kopral Sapari No 27 Pengkol. Telp: 085290501977,  081567992955
Semarang : Jl. Kusuma Wardhani 8A Semarang. Telp: (024) 70456171
Jogja : Jl. Godean KM. 4 Ruko Grand Plaza. Telp : 085338133299

CENTRAL JAVA

Central Java tidak melayani penjemputan dan pengantaran penumpang. Pemberangkatan semua penumpang dimulai dari lokasi agen Central Java.

Jepara: Jl Ringin Jaya No 2 Jepara. Telp: 081 325 799094
Semarang: TIC Jateng (Jl Pemuda No 147) Semarang. Telp: 024 – 70231340, 085100231340

DAY TRANS

Jepara: Jl Letjend Suprapto 55 Bulu. Telp : 0291 – 595033 , 08579966070 ,085101326868
Semarang : Jl Jendral Sudirman no. 103. Telp : 024 7604192
Jogja : Jl. Brigjen Katamso (kompleks Purawisata). Telp : (0274) 385990

Info Hotel dan Penginapan

Samudra Hotel

Jl. Pemandian Kartini No.08 (Di dalam kompleks Pantai Kartini) Jepara. Telp (0291) 597450.

Hotel Segoro

Jl. Ringin Jaya No.2 Jepara. Satu kompleks dengan kantor Travel Central Java Jepara- Semarang. Telp. (0291) 591982

Posting Komentar

0 Komentar