Pantai Bandengan Jepara : Rute Maps dan Harga Tiket Terbaru 2024

Tak lengkap rasanya, berkunjung ke Jepara tanpa wisata ke Pantai Bandengan. Harga tiket masuk murah, punya sejarah, dan hotel terdekat melimpah. Mau lagi? Deskripsi singkat ini mungkin akan membuatmu tidak sabar untuk merasakan pengalaman wisata seru ke alamat hari ini juga.

pantai tirta samudera bandengan jepara
Suasana di Kawasan Pantai Tirta Samudera, Bandengan Jepara


Alamat Pantai Bandengan ada di Jl. Raya Tirta Samudra, sebelah utara pusat kota Jepara. Dari alun-alun Jepara, perjalanan dengan mobil sekitar 15 menit. Kita dapat menggunakan Maps dari Google untuk mencari rute dengan mengetikkan "Pantai Bandengan" atau "Pantai Tirta Samudra".

Sementara dari luar kota, perjalanan terdekat dari Kudus sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Kota Semarang sekitar 2,5 jam dengan perjalanan mobil dan jalanan lancar. Untuk pertimbangan kondisi lalu lintas, kita dapat cek aplikasi seperti Google Maps sebelum memulai perjalanan.

Jam Buka dan Harga Tiket

harga tiket masuk pantai bandengan jepara
Daftar Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara


Loket Gerbang Masuk Pantai Bandengan Jepara mempunyai jam buka mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Sebelumnya, tiket masuk sempat gratis di hari Senin sampai Jumat. Hanya berbayar di akhir pekan dan saat ada event di dalam kawasan. Namun, peraturan daerah itu hanya berlaku sampai akhir tahun 2023. 

Itupun, dulunya pengunjung tetap membayar biaya parkir di loket bila membawa kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bahkan sepeda. Jadi, hanya benar benar gratis bila kita masuk dengan jalan kaki.

Mulai 1 Januari 2024, tiket masuk Pantai Bandengan Jepara terbaru adalah :

  • Hari biasa, akhir pekan, dan libur nasional
    • Dewasa : Rp. 10.000 per orang
    • Anak anak : Rp 5.000 per orang
  • Pekan Syawalan, Lomban, Natal, Tahun Baru, dan Event Lain
    • Dewasa : Rp 15.000 per orang
    • Anak anak : Rp 10.000 per orang

Selain tiket, di dalam kawasan terdapat area parkir dan penitipan kendaraan yang berbayar. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan uang kecil untuk kotak toilet dan kamar mandi saat kita menggunakannya.

Hotel dan Resort Terdekat

Hotel Terdekat di Dalam Kawasan Pantai Bandengan

Hotel, penginapan, dan resort yang terdapat dalam kawasan Pantai Bandengan Jepara :

  1. Hotel d'Season Premiere Jepara
  2. Love in Hotel & Resort
  3. Julia Hotel Jepara
  4. Bandengan Beach Hotel

Hotel Terdekat Di Luar Gerbang Masuk Kawasan

Berikut penginapan, hotel dan resort yang berada di dekat Pantai Bandengan Jepara :

  1. The Palm Beach Resort Jepara
  2. Sunset Beach 
  3. Ono Joglo Resort
  4. Two Rich Hotel
  5. Alta Hotel

Mitos Pantai Bandengan 

Pantai Bandengan punya nama resmi Pantai Tirto Samudro. Di sebut bandengan karena terletak di desa yang bernama Bandengan. Menurut cerita atau mitos yang beredar, nama Bandengan muncul karena dulunya banyak ikan bandeng di lokasi itu. 

Awalnya pada masa Sunan Muria, beliau mengetahui ada sebuah pulau di sebelah utara Pulau Jawa. Dari atas gunung Muria, pulau itu terlihat samar atau dalam bahasa jawanya "kramun-kramun". Maka, saat ini pulau itu dinamakan Karimunjawa.

Singkat cerita, Sunan Muria memerintahkan putranya Amir Hasan menuju pulau tersebut. Tujuannya, untuk mengembangkan agama Islam sekaligus memberi pengalaman perjuangan kepada putranya.

Dalam perjalanannya, Amir Hasan singgah di pantai yang banyak terlihat ikat bandeng di permukaan airnya. Tempat itulah yang sekarang bernama Bandengan.

Sejarah Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan Jepara tidak lepas dari sejarah kehidupan dan perjuangan pahlawan nasional R.A. Kartini. Di masa kecil, gadis yang punya nama panggilan Trinil ini sering bermain di Pantai Bandengan. 

Tentu saja, tidak sendiri. R.A. Kartini beserta adik-adiknya Roekmini dan Kardinah sering diajak wisata ke Pantai Bandengan oleh bangsawan Hindia Belanda yaitu Nyonya Ovink Soer bersama suaminya yang seorang asisten residen. Biasanya, liburan ke pantai dilakukan pada asa liburan menjelang kenaikan kelas.

Saat remaja, R.A. Kartini juga sering datang ke Pantai Bandengan Jepara. Di sana, keperluannya adalah merenung dan mencari inspirasi. Dalam beberapa surat yang ditulis untuk sehabatnya di Belanda bernama Stella, R.A. Kartini sering menceritakan keindahan Pantai Bandengan. 

Selain itu, Pantai Bandengan menjadi tempat pertemuan R.A. Kartini dengan Mr. Abendanon yang berkaitan dengan rencana permohonan belajar ke negeri Belanda. Pada akhirnya, rencana tersebut tidak terlaksana dan biaya belajar yang sudah tersedia beralih kepada pemuda Sumatera, yaitu Agus Salim.

Deskripsi dan Apa yang Menarik 

Pantai Bandengan mempunyai hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, dangkal, dengan ombak yang tenang. Cocok untuk bermain pasir, air laut, bahkan berenang.

Di sana, kita dapat menyewa ban untuk berenang. Tarifnya mulai 10 ribu rupiah tergantung jenis dan ukuran ban uang tersedia. Biasanya, pada masa liburan juga tersedia banana boat. Ada juga, perahu yang disiapkan untuk mengantar wisatawan menyeberang ke pulau Panjang. Perahu tersedia setiap hari di dermaga.

Selain bermain air, kita juga bisa sekadar duduk santai sambil ngobrol dan menikmati makanan. Ada banyak gazebo dan pepohonan rindang yang tersedia untuk pengunjung. Selain itu, ada penyewaan tikar bagi kita yang tidak mau repot membawanya dari rumah.

Tidak hanya itu, ada juga mainan anak seperti ayunan, panjatan, dan jungkitan. Kita juga bisa bermain lempar bola. Bisa memilih di hamparan rumput hijau atau di atas pasir putih.

Pantai Bandengan juga cocok untuk berkemah. Ada lapangan besar yang sering digunakan klub mobil dan motor untuk menggelar kopi darat atau kopdar. Di kawasan wisata, juga tersedia jalur beraspal yang cocok untuk bersepeda, jogging, maupun berkeliling naik motor.

Wisata Kuliner Bandengan

Puas bermain, kita dapat mengunjungi tempat bilas yang berbentuk kapal. Di kanan kirinya, banyak tersedia food court. Kita dapat menikmati kuliner berbagai masakan Jepara. Contohnya, ikan bakar, pindang serani, dan bakso horog-horog.

Kios makanan dan minuman serta souvenir Pantai Tirta Samudra. Misalnya, kaos, topi, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Tips untuk wisata kuliner terutama berbahan ikan laut, jangan lupa selalu tanyakan harga per porsi sebelum memesan. Hal ini karena, harga ikan sangat fluktuatif. Maka, lebih baik kita menanyakan terlebih dahulu untuk menjadi pertimbangan pilihan menu yang akan kita pesan.

Pulang dari Pantai Bandengan Jepara, kita dapat mengunjungi kawasan kerajinan ukir, batik Jepara, atau sentra tenun Troso.

Punya pengalaman di Pantai Bandengan Jepara? Baik atau buruk, tuliskan saja di kolom komentar ya. Mari berbagi informasi dan pengalaman :)

Posting Komentar

0 Komentar