Booming Tenun Motif Rangrang Sampai di Sentra Tenun Troso Jepara

Tenun Rangrang khas Bali menjadi inspirasi motif tenun Troso Jepara. Akhir-akhir ini, semakin banyak pengrajin tenun di Desa Troso Kabupaten Jepara yang membuat karya tenun bermotif belah ketupat panjang berjajar. Sekilas, motif yang terlihat mirip memang mirip kain rangrang di Bali sehingga dikenal dengan motif rangrang.

Menurut pengrajin tenun Syari (33), banyaknya permintaan tenun motif rangrang dari pedagang tenun mendorong pengrajin membuat motif itu. "Banyak permintaan motif rangrang dari Bali. Pedagang saya juga minta saya buat motif rangrang," katanya.

Di situs penjualan kain tenun online populer www.tokotenun.com, tenun motif rangrang terpajang di halaman utama sejak Jum'at (5/7). "Tenun Rangrang beberapa bulan lalu memang sedang naik daun. Banyak media massa yang mengulas karena sering digunakan desainer terkenal dalam rancangannya. Tenun endek pun terinspirasi booming rangrang," kata Hamdan (29) salahsatu pendiri www.tokotenun.com.

Menurut Hamdan, endek motif rangrang mempunyai kelebihan mudah diaplikasikan dalam busana. "Beda dengan kain rangrang Bali, endek motif rangrang kainnya tipis seperti batik sehingga mudah dibuat baju dan mudah pula perawatannya. Harganya pun lebih rendah," tambahnya.


Posting Komentar

0 Komentar